Mimpiku untuk PLN

PLN sebagai Perusahaan BUMN yang bergerak dibidang  penyediaan jasa kelistrikan sudah selayaknya jika mengedepankan  service excellent dalam tugasnya demi kepuasan konsumen. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa dalam mewujudkan service excellent tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan yang harus selalu berjalan dan dilakukan secara bertahap. Salah satu penyebab utamanya karena susahnya merubah pola pikir (mindset) dari yang dulunya acuh tak acuh menjadi ikhlas tanpa batas.

Jikalau pondasi utamanya perubahan mindset (pola pikir) sudah berjalan, InsyaAllah perubahan yang lain untuk mewujudkan service excellent akan lebih mudah. Karena kunci utama dalam pelayanan itu bukanlah sarana dan prasarana namun lebih kepada pelaku pelayanan tersebut yaitu orang (pegawai-red). Kalau  sang pelaku pelayanan sudah berubah mindsetnya maka yang namanya KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) dengan sendirinya akan menjauh dari tubuh PLN.

Seperti yang saya dan kebanyakan orang tahu bahwa PLN sangat sungguh-sungguh dalam mewujudkan service excellent dan menjauhkan KKN dari tubuhnya. Ini terlihat dari beberapa inovasi yang telah di lakukan oleh PLN dengan munculnya beberapa produk baru serta terobosan dalam hal pelayanan.  Taruhlah dengan adanya listrik pintar serta pelayanan pembayarn tagihan listrik pascabayar melalui kerjasama dengan beberapa bank, yang memudahkan kita dalam melunasi tagihan listrik kita.

Saya harapkan pelayanan PLN tidak hanya cukup disitu, mungkin bisa lebih ditingkatkan lagi, seperti halnya untuk listrik prabayar tidak hanya bisa isi ulang melalui gerai ATM beberapa bank dan loket-loket pembayaran listrik online saja. Namun kedepan isi ulang dan pembayaran tagihan listrik bisa dilakukan secara online dimanapun dan kapanpun, dimana perusahaan yang melakukan jasa itu ditunjuk langsung oleh PLN atau kalau memang mampu bisa ditangani langsung oleh PLN, sehingga konsumen yang melakukan pengisian ulang maupun pembayaran tagihan bisa merasa lebih aman.

Dan untuk jasa pemasangan jaringan baru ataupun penambahan daya, seharus PLN memberikan respon cepat, dengan menyediakan data di situs resmi PLN tentang ketersediaan peralatan maupun daya serta jadwal pemasangan dan juga petugasnya, sehingga kami para pelanggan baru dan yang mau menambah daya bisa memastikan bahwa petugas yang bersangkutan memang benar-benar dari PLN, dengan demikian KKN bisa dihindari.

Mungkin hanya itu harapan terbesar saya, semoga PLN bisa lebih sukses, terhindar dari KKN dan bisa memberikan service excellent pada konsumennya.

Advertisements

One Response to Mimpiku untuk PLN

  1. BRONGOT SETAN KOBER KETANGGUHAN HATI says:

    salam kenel kang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: