Jadilah Muslim yang penuh Cinta, Keindahan dan Manfaat

Ada hal yang sangat menarik saat mengikuti khotbah jumat tadi siang. Khotbah jumat yang dibawakan oleh ustadz favoritku, ustadz Muchsin Tholib. Dimana dalam khotbahnya beliau menyerukan agar kita umat Islam harus menjadi umat Islam yang kaffah atau seutuhnya. Jangan setengah-setengah. Jangan sampai kepalanya Islam tapi badannya tidak. Atau sebaliknya, badannya Islam kepalanya tidak. Menurut beliau, inilah yang membuat umat Islam sangat mudah untuk dipecah belah dan dihancurkan.

Lebih lanjut beliau mengatakan, ada beberapa pilar agar kita bisa menjadi umat Islam yang kaffah atau seutuhnya. Satu yang dicontohkan oleh beliau adalah agar kita bisa menjadi muslim yang penuh dengan cinta, keindahan dan manfaat.

Sebagai muslim kita harus berfikir, berucap bertindak atas dasar cinta. Cinta akan Tuhannya, cinta akan Nabinya, cinta akan Agamanya, cinta akan Kitab Sucinya, serta cinta akan semua makhluk ciptaan-Nya. Kalau setiap fikiran, ucapan, dan tindakan kita dasarkan pada cinta, niscaya kedamaian akan kita dapatkan.

Dan sebagai muslim sejati, kita juga harus tetap menjaga keindahan. Keindahan akan ajaran Islam yang Rahmatan Lil A’lamin. Dimana Allah menurunkan Islam ini sebagai Rahmat sekalian alam. Jadi sebagai muslim harus selalu berfikir, berucap serta bertindak atas dasar keindahan yang diajarkan dalam Islam. Keindahan Islam banyak tercoreng karena aksi-aksi terroris yang menyebutnya berjihad. Dalam Islam memang berjihad diwajibkan bagi setiap muslim. Ada banyak macam-macam cara kita berjihad. Kita bisa berjihad di bidang ekonomi, jihad di bidang kesehatan, jihad di bidang pendidikan, dan masih banyak lagi jihad yang lainnya. Jadi sebenarnya jihad tidak harus selalu maju ke medan tempur membasmi musuh-musuh Islam.

Dan yang terakhir kita sebagai seorang muslim, harus sadar agar setiap apa yang kita perbuat dan lakukan itu selalu bermanfaat. Baik itu manfaat untuk diri sendiri, orang lain, lingkungan bahkan manfaat untuk semua mahkluk ciptaan-Nya. Dengan adanya cinta, keindahan dan manfaat pada setiap sifat dan perbuatan kita, niscaya kita akan menjadi muslim yang baik, muslim yang kaffah yang telah menerapkan nilai-nilai Islam dalam diri sendiri dan lingkungan. Begitu oleh-oleh khotbah jumat tadi siang di Masjid Nurul Iman Oebobo Kupang. Semoga bermanfaat.

Kupang, Ba’da sholat jumat

Advertisements

4 Responses to Jadilah Muslim yang penuh Cinta, Keindahan dan Manfaat

  1. giewahyudi says:

    Inspirasi khutbah jumat ya?
    Semoga kita senantiasa diberi ketenangan batin..

    kangto
    Iya, dapet inspirasi khutbah jumat.
    Amiin, smoga kita bisa menjadi muslim yang kaffah

  2. M Mursyid PW says:

    Tadi sy Jum’atan agak terlambat. Kebeneran di sini ada oleh2 khutbah.
    Salam!

    kangto
    Iya Pak. tadi ane juga agak terlambat. tapi alhamdulillah masih sempat dengerin khotbahnya. semoga bermanfaat

  3. met sore… blogwalking ketempat sahabat.

    kangto
    makasih telah mampir. salam kenal dan semoga barokah

  4. Sukadi says:

    Rasulullah SAW telah mengajarkan dan memberikan suri tauladan tentang cinta kepada ALLAH, & cinta kepada sesama mahluk ciptaan-NYA.
    Semoga kita bisa meneladani beliu, dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain amin…

    kangto
    Amiin. semoga kita selalu berada di jalan-Nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: